Tuesday 8 August 2017

Sekilas Sejarah dan Review Menara Masjid Agung Banten.

Assalamualikum Dulur-dulur

Masjid Agung Banten merupakan salah satu masjid tertua di indonesia. Dibangun tahun 1556 pada masa pemerintahan sultan pertama kerajaan Banten yaitu Sultan Maulana Hasanudin.

Yang khas dari masjid agung Banten adalah adanya menara yang terletak di sebelah timur masjid. Menara ini di bangun pada tahun 1620 oleh arsitek Belanda bernana Hendrick Lucazoon Cardeel atas prakarsa Sultan ke 7 kerajaan Banten yaitu Sutan Haji. Bahan material menara masjid agung Banten mengunakan batu bata beton dengan ketinggian menara mencapai 24 meter dengan diameter bawah menara sekitar 10 meter .

Untuk mencapai puncak menara dulur dulur harus menapaki 83 anak tangga dimana lorong tangga yang kecil hanya muat untuk satu orang . Jadi kalau dulur dulur hendak ingin naik kepuncak menara harus menunggu bergantian dengan yang hendak turun dari atas menara.Pada lorong tangga menara terdapat ventilasi yang berfungsi juga sebagai penerang lorong tangga.
ventilasi lorong tangga menara masjid Agung Banten
 bagian tengah menara Masjid Agung Banten
Menara masjid Agung Banten dahulu difungsikan sebagai tempat mengumandangkan Adzan, menyimpan senjata, dan juga sebagai menara kontrol untuk mengawasi laut yang jaraknya sekitar 1.5 kilometer dari menara. Berikut Dibawah ini saya lampirkan dulur dulur foto pemandangan yang ada di atas menara Banten :
\

Baiklah Dulur-dulur, sekian artikel singkat tentang Menara Masjid Agung Banten, Semoga bermanfaat dan menambah wawasan

Hatur Nuhun.





No comments:

Post a Comment