Tuesday 11 April 2017

Pasang Visor N Max Di old CB 150 R , begini cara buat breketnya


Hay bro,

Modifikasi banyak alirannya, tergantung dari passion masing masing bikernya, ada yang senang modif Drag Race



Thailook ,

Custom Classic,


Touring

dan banyak lagi aliran modif yang lainnya. Passion Saya sendiri senang dengan aliran modifikasi Touring. Kesan motor Biker yang senang piknik , menjelajah , dan menikmati pemandangan alam . Aksesoris khas dari motor Modif touring diantaranya, terpasang Set Box Motor, Ban dual purpose, Tubular, lampu tambahan (biasanya LED), Visor yang tinggi dan banyak lagi aksesories lainnya.

Nah Seperti saya sebutkan di atas , salah satu part aksesoris Motor dengan aliran modif touring adalah terpasangnya Visor yang tinggi di motor. Saya sendiri penyemplak old CB 150 R yang tentu saja basicnya bukan motor untuk touring melainkan motor jalan raya biasa karena segmentnya Naked Sport. Agar Kesan Touringnya ada, maka saya memodifnya sedemikian rupa salah satunya memasang visor. Visor yang saya pakai untuk memodif motor saya yaitu Visor Yamaha Nmax yang jenis Variasi karena lebih tinngi tapi enggak kegedean , Pas untuk postur CB 150 R, Untuk memasangnnya tentu tidak PNP, di butuhkan bracket agar terpasang di headlamp.

Oke Bro kita mulai pembuatan bracketnya. Untuk pembuatannya bro bisa kerjakan di bengkel las terdekat, Bahan bahannya sebagai berikut :

1. Visor Variasi N mAx
2. Behel besi Beton, panjang 60 cm.
3. Plat Strip, panjang 40 cm
4, Baut 10 , 4 pcs.
5. Kardus bekas potong kotak 22 cm x 18 cm.

oke bro kita mulai caranya sebagai berikut.

1. Potong potong Behel besi beton buat komponen-komponen brecketnya dengan  masing masing panjang komponen sebagai berikut 7cm x 2, 12 cm x 2, 5 cm x 2, dan terakhir potong sepanjang 22 cm x 1.

2. Rakit Dan las behel tersebut di atas dengan bentuk sebagai berikut

 untuk behel yang yang 22 cm di tekuk menjadi setengah lingkaran , lingkarnya mengikuti lekuk spido meter, las dua komponen di atas jadinya seperti ini



 Beralih ke plat strip.....

3. Potong potong plat strip 40 cm menjadi beberapa komponent dengan panjang 15 cm x 2 , 5 cm x 2.
4. Bor plat strip 5 Cm pas di tengah dan coak  gerinda tangan  seperti di gambar polanya :

  
 5. pasangkan dengan di las masing masing plat strip 5 cm dengan breket behel yang sudah di las sebelumnya sepeti ini jadinya
6. Bongkar lampu CB 150 R, setelah di bongkar lalu kendorkan baut segitiga atas dan selipkan breketnya diantara celah baut dan kencangkan lagi bautnya. pasang lagi lampu set depan CB 150 R nya


7. sekarang ke setting visor memakai kardus bekas,dalam dunia las ini disebut mal atau ngemal , biar hasil las pas dan presisi. Tandai lubang bautnya dengan spidol, nanti ini yang akan jadi patokan lubang baut di pat strip 15 cm x 2 , seperti gambar di bawah

lubangi kardus


masukkan baut sepuluh, tanpa murnya  ya bro....

 tandai plat strip sesua jarak baut Visor N max
Setelah di tandai, bor plat strip 15 cm x 2 tersebut dan las baut mur sepuluh di atas lubang plat yang sudah di bor tadi.

setelah di las plat srip dan baur sepuluh pasangkan dengan kardus yang sudah di pasang di baut sepuluhnya, lalu tempelkan ke lekukan breket visor yang ada di depan spidometer lalu di las, jangan langsung dipatenkan lasannya bro di setting seting dulu kemiringan dan kelurusan visor dengan lampu depan CB 150 R



Proses setting visor :


 acuan lurusnya ujung visor dengan ujung cover spedo meter


setelah dirasa pas, baru dilas sempurna agar kuat .

ok bro, gimana udah ada bayangan cara bikin breketnya, dibawah ini yang udah jadi dan kepasang breketnya









dan ini yang udah kepasang sama visornya bro,
view yang saya dapet bro...
dan dibawah ini galery CB 150 R bervisor N Max







Setelah Memasang visor N max, terpaan angin menjadi berkurang ke badan , jadi resiko masuk angin bisa di minimalisir...hehehe...

Pembuatan breket ini bisa saja di terapkan ke motor lain dengan cara sama , mungkin hanya penyesuaian di panjang besi behelnya. rekomendasinya sih visor N max jangan di pasang di motor gede yang berlampu bulat karena terkesan Wagu ( gk cocok) ...ini kembali ke selera brader sih...

Oke bro , cakep kan modifannya, Kesan big bike touring nya dapet...hehe

7 comments:

  1. Tutorialnya berguna sekali bro... terima kasih....
    Saya ane pasang di KLX, tapi sekarang masih dibautin di dudukan Plat nomor yang nempel di jidat KLX. Tapi ane rasa masih kurang kuat.
    Nanti bakal dibikin dudukan lagi seperti turotial ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 bro.. Semoga berguna.. Selamat berkreasi

      Delete
  2. Kalau pasang tanpa breaket bisa gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gk bisa bro.. Bisa aja sih.. Paling bor cover spido itu juga resikonya rusak

      Delete