Tuesday 11 April 2017

Danau Biru Cigaru, Surga Tersembunyi di Kota Industri

Assalamualaikum Dulur dulur,

Bento Oto Blog sharing artikel ringan lagi nih , masih tentang exotisme Banten . Kali ini yang ingin saya bagikan adalah tentang objek wisata  yaitu Danau Biru Cigaru, Cisoka, Tangerang.


Seperti umum di ketahui, Kabupaten Tangerang terkenal dengan "Julukan Kota Seribu Industri ", mendengar julukan tersebut mungkin akan terbesit di benak dulur dulur sekalian sebuah kota dengan tembok semen menjulang tinggi dan atap seng pabrik yang kurang sedap di pandang mata.Adapun mungkin objek wisata yang bisa di temui paling hanya Mall mall pusat perbelanjaan yang itu itu saja.
Namun siapa sangka di sudut kota di pinggiran  pedesaan tepatnya di Kecamatan Cisoka terdapat objek wisata yang lumayan indah untuk di kunjungi, Ya itulah Danau Biru Cigaru.
Danau Biru Cigaru tepatnya berada di dekat kp. Popojok RT 013/ RW 004, Ds. Cisoka Kec. Cisoka, Kab.Tangerang, prov. Banten.
  
Berikut saya sampaikan akses jalan menuju lokasi :
1. Dari arah Jakarta & Kota Tangerang menuju Balaraja lurus menuju arah Serang dengan melewati Pasir Jaha , Pos Sentul ,Kiara, lalu masuk perempatan Cangkudu terus menuju Pertigaan polsek Cisoka belok kiri. Dari Pertigaan Cisoka kira kira 300m akan di temui plang SMA 8 Tangerang belok kanan masuk ke gang.
2. Dari arah Serang lurus menuju arah Jakarta dengan melewati Kragilan, Tambak, Cikande, Pasar Gembong lalu masuk perempatan Cangkudu terus menuju Pertigaan polsek Cisoka belok kiri. Dari Pertigaan Cisoka kira kira 300m akan di temui plang SMA 8 Tangerang belok kanan masuk ke gang.
Dari gang SMA 8 Tangerang kelokasi Danau kira kira 1,5 Km menyusuri jalan beton , ada 2 persimpangan jalan menuju lokasi dan tiap tiap persimpangan jalan , dulur dulur ambil jalan ke arah kanan.Pada saat ke sana saya sempat tersasar pada persimpangan pertama namun penduduk sekitar yang saya temui langsung menunjukkan ke arah Danau yang di tuju.
Pada gang persimpangan kedua Saya di pinta biaya masuk Sebesar Rp.5000 tanpa tanda masuk/tiket, (kemungkinan pungli), lanjut sekitar 300m masuk ke gerbang danau di pinta biaya masuk lagi sebesar Rp. 5000 dengan tiket masuk, Tiket masuk ini akan jadi tiket parkir nantinya bayar lagi Rp. 5000 ,jadi jangan hilang ya.Total biaya Rp 15.000 rupiah kelokasi untuk yang membawa kendaraan roda dua.
 Dan sampai lah saya di lokas Danau Cigaru.
Danau Cigaru sebenarnya danau buatan yang  terbentuk dari bekas galian tambang pasir yang sudah tidak beroprasi lagi. Dari karakter tanahnya kebanyakan di dominasi tanah cadas dan pasir, itu lah kemungkinan tambang pasir ini sudah tak beroprasi lagi karena hasil pasirnya kurang bagus untuk di jadikan bahan bangunan. Tampak pada gambar alat berat yang mulai berkarat dan sudah tidak di gunakan lagi .
 Ada beberapa lokasi danau , namun yang Istimewa terdapat di Cigaru . Keunikan terdapat dari warna Air danau , dari ketiga danau masing masing memiliki warna berbeda beda, ada warna hijau Lumut, Biru tua Dan  Biru Muda Tosca.
Karakter air nya bening seperti air laut , namun terlihat membiru kemungkinan warna air di pengaruhi oleh kandungan mineral mineral di lokasi tambang pasir yang larut bersama air yang menggenangi.
Pada saat saya kesana banyak pengunjung yang datang berwisata ketempat ini , kebanyakan datang untuk berfoto foto , becengkrama bersama keluarga dan teman teman menikmati pemandangan , bahkan ada yang sedang berfoto pre weding sepetinya . Sekilas memang lokasinya mirip dengan tempat wisata Kawah Putih Bandung.
Baiklah Dulur dulur berikut ini saya lampirkan foto gambar gambar Danau Cigaru .
Gimana dulur dulur ? lumayan bagus kan tempatnya.
Dilokasi danau sudah banyak berdiri warung warung kopi dengan menu biasa di tempat lain seperti Mie Instan, Gado-gado, & aneka minuman . Kebetulan waktu itu saya hanya pesan kopi hitam harganya sangat terjangkau, hanya Rp. 3000 saja. Santai sejenak melupakan semua rutinitas sambil menikmati suasana.
Oke dulur dulur itu saja yang dapat saya sajikan ,  silahkan jika ingin berkunjung, Di danau boleh tinggalkan jejak & kenangan, tapi jangan tinggalkan sampah ya. Share info tempat wisata ini ke rekan rekan dulur sekalian agar tempat wisata ini menjadi ramai dan perekonomian dan pemasukan daerah warga setempat terbantu dan meningkat.
Sekian , Terima kasih
Salam :)

No comments:

Post a Comment