Wednesday 26 April 2017

Tugu Macan Loreng Cijentul, Pertempuran kemerdekaan Indonesia Di belantara Banten

 
Assalamualaikum dulur dulur,

Pasca Proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 , Indonesia benar benar dalam keadaan timpang. Tak punya anggaran untuk menjalankan pemerintahan seperti menggaji aparatur negara, dan minim persenjataan untuk mempertahankan diri dari serangan negara lain. Adapun persenjataan yang di miliki hanyalah sisa penjajah yang di rebut dan jumlahnya pun terbatas. Bermodalkan bambu runcing dan keberanian sajalah para pejuang Indonesia pada waktu itu mengusir penjajah dan mempertahankan kemerdekaan .

Jepang yang kalah pada Perang Dunia II menyerah tanpa syarat kepada negara Sekutu otomatis membuat Indonesia yang bekas jajahan Jepang berusaha di diduduki kembali oleh Belanda yang notabene termasuk dalam aliansi negara Sekutu. Ini membuat perang mempertahankan kemerdekaan berkobar di penjuru daerah di indonesia , tak terkecuali di Banten.


Belajar dari sejarah bahwa kedatangan Belanda yang pernah membuat kerajaan Banten hancur akhirnya masyarakat Banten bahu membahu mengusir penjajah. Salah satu pertempuran Pasca proklamasi  kemerdekaan Indonesia di Banten terjadi tepatnya di daerah Cijentul pada 29 Desember 1948. Rakyat pada waktu itu bersama TNI AD membentuk satuan pasukan dengan nama Macan Loreng mencegat mobilisasi Tentara kerajaan Belanda yang hendak menuju Anyer.Pertempuran pun terjadi di lokasi ini.


Cijentul sendiri secara administratif masuk ke daerah kecamatan Taktakan, Kota Serang Provinsi Banten.Lokasi tugu pertempuran ini berdekatan dengan Tempat Pembuangan Sampah Akhir Kota Serang. Bagi dulur dulur yang sering melewati jalur ini mungkin sering melihat tugu ini karena jalan yang melalui tugu ini merupakan jalan alternatif menuju wisata pantai di daerah anyer.

Baiklah dulur dulur Berikut saya sajikan foto foto tugu pertempuran Cijentul:







nampak jalan di depan tugu menuju arah serang


nampak jalan di depan tugu menuju arah Anyer :



 Untuk detail video bisa di klik di tautan berikut  :
Tugu Macan Loreng Cijentul

Jangan melupakan sejarah dulur dulur, hargai perjuangan para pendahulu kita yang telah berkorban harta dan jiwa demi memerdekakan kita para anak cucu karna menjadi jajahan dan ditindas di negeri sendiri merupakan hal yang tak ingin para pejuang wariskan.

Sekian dari saya semoga artikel ini menambah wawasan dulur dulur sekalian

Hatur Nuhun


No comments:

Post a Comment