Tuesday 11 April 2017

Situs Pra Sejarah Patapan, Banten

Assalamualaikum dulur-dulur,
kali ini Bento Oto Blog tidak membahas tentang otomotif , biar gak monoton hehe

Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengangkat tema exotisme Banten yaitu dalam hal sejarah.
Beberapa waktu yang lalu tepatnya 11maret 2017 saya berkunjung ke sebuah situs pra sejarah Banten. yaitu situs Purbakala  Patapan.
Ada yang menggelitik fikiran saya ketika memasukan keyword di google yaitu "situs purbakala Banten", Mesin pencari google memunculkan berbagai situs purbakala di Banten, saya klik gambar satu persatu, dan pada satu gambar terdapat tumpukkan batu setelah mengunjungi situs web-nya lalu detail membaca isi artikelnya ternyata situs sejarah itu adalah situs prasejarah yang lokasinya tak jauh dari tempat saya tinggal. ya itulah Situs Patapan Banten . Namun sayang dalam situs web tersebut sedikit sekali gambar gambar detail tempat pra sejarah tersebut. Terdorong akan rasa penasaran maka saya datangilah lokasi tersebut sambil bertanya sepanjang jalan kepada warga setempat dimana lokasi pra sejarah itu berada.

Jalan menuju lokasi pra sejarah ini bisa di tempuh melalui jalan provinsi Jakarta_Merak tepatnya di Jalan Raya Serang Km 71 dekat dengan PT. NIKOMAS, pas perapatan jembatan sungai belok kiri dari arah Jakarta/Tangerang sebelum terowongan tol dekat pasar Tambak menyusuri jalan beton mengikuti arah aliran sungai.jaraknya sekitar 3 Km dari jalan Raya


Lokasi situs pra sejarah ini berlokasi di Kp. Patapan, Ds. Nagara, Kec. Kibin Kab. Serang Provinsi Banten.Lokasinya Tepat di belakang Balai desa Nagara.
Situs Patapan sendiri merupakan peninggalan termasuk dalam masa prasejarah (zaman sebelum manusia mengenal tulisan) artinya lebih tua dari bangunan bangunan candi di Indonesia.Biasanya bangunan modeling ini di sebut bangunan Punden Berundak biasanya di gunakan untuk memuja ruh para pendahulu masyarakat pada masa itu. Nah Dulur dulur baiklah saya sajikan gambar gambar lokasinya sebagai berikut :




Nampak pada sebelah barat situs purbakala ini yaitu Gunung Karang Pandeglang, gunung itu menjadi saksi bisu tentang peradaban nenek moyang masyarakat Banten pada masa itu .


Sebagai Orang Indonesia umumnya dan warga Banten khusunya kita patut bangga akan peninggalan pra sejarah ini karena sebelum mengenal tulisan masyarakat Banten sudah memiliki aturan aturan kebudayaan agar tercipta keselarasan dalam kehidupan bermasyarakat yaitu menghormati orang yang lebih tua dengan pemujaan ruhnya di situs Patapan sesuai kepercayaan pada masa itu.
Oke dulur dulur itu saja dari saya, ajak teman teman, saudara , atau keluarga mengunjungi situs ini agar timbul rasa bangga akan identitas sebagai orang Indonesia yang berperadaban tinggi jauh sebelum sejarah itu dituliskan.
hatur Nuhun sudah mampir ke blog sederhana Saya..
Salam :)

No comments:

Post a Comment