Saturday 10 March 2018

Bendung Pamarayan, Bendungan Terbesar Pertama Buatan Belanda di Indonesia.


Assalamualaikum Dulur dulur


  Tak dipungkiri meski Belanda menjajah Indonesia selama tiga setengah abad namun banyak pembangunan yang Belanda lakulan di Indonesia.Tentu tujuannya untuk kepentingan pihak Belanda.  Salah satu bangunan infrastruktur yang dibangun yaitu Bendungan Pamarayan yang berlokasi di wilayah Kabupaten Serang Banten.

   Dikutip dari berbagai sumber Bendungan Pamarayan ini dibangun pada tahun 1905 dan selesai pada tahun 1925. Menelan biaya sebesar 5 juta Gulden dengan mempekerjakan 200 ribu tenaga kerja orang Indonesia kala itu.



  Bendungan Pamarayan memiliki 10 pintu air baja berukuran besar dengan diameter 10 meter dilengkapi dengan rantai raksasa mirip rantai sepeda motor sebagai penggerak. Bendungan Pamarayan mampu mengairi 27000 hektare lahan pada masanya.




  Berdasarkan catatan sejarah Bendungan Pamarayan pernah dikunjungi oleh presiden pertama Republik Indonesia Ir Soekarno pada tahun 1951 seperti terlihat pada foto yang terpajang di bekas ruang kontrol Bendungan Pamarayan.






  Baiklah dulur-dulur berikut saya sajikan foto foto Bendungan Pamarayan :







  Bendungan Pamarayan yang di bangun oleh pemerintah Belanda sudah tak aktif lagi dan dijadikan benda cagar budaya peninggalan bersejarah.  Kini Bendungan Pamarayan lama digantikan fungsinya dengan Bendungan baru yang dibangun pada tahun 1997.


    Demikianlah dulur-dulur review Bendungan Pamarayan, semoga bermanfaat.

   Hatur Nuhun.


No comments:

Post a Comment