Saturday 5 May 2018

Review Masjid Kapal Bosok, Serang Banten



Assalamualaikum Dulur dulur

  Ada masjid berbentuk unik di daerah Serang Banten namanya Masjid Kapal Bosok. Kapal bosok dalam artian secara etimologi berarti Kapal Busuk. Banyak cerita legenda mengenai asal muasal bangunan kapal bosok ini. Tapi yang pasti semua cerita legenda masjid Kapal Bosok mengerucut pada sebuah makam keramat yang berada di dekat Masjid Kapal Bosok bernama makam keramat Ki Angga Derpa.

  Ki Angga Derpa dikenal menurut cerita legenda masyarakat sekitar sebagai orang yang sakti. Konon Ki Angga Derpa mampu membawa sebuah kapal dan menyeretnya jauh dari pesisir Banten hingga sampai pada tempat dimana Masjid Kapal Bosok sekarang ini berada. Kapal yang Ki Angga Derpa seret itu dibiarkan begitu saja hingga kayu kapal lapuk dan membusuk. Inilah yang diyakini sebagai asal muasal penamaan bangunan Masjid Kapal Bosok.

  Dilihat dari silsilah yang ada di makam keramat, Ki Angga Derpa masih satu garis keturunan dari kesultanan Banten. Bisa kita lihat dari gambar dibawah ini :


  Bangunan Masjid Kapal Bosok terdiri dari tiga lantai,  lantai pertama untuk tempat wudhu dan lantai kedua dan dan ketiga adalah sebagai tempat beribadah. Masing masing ruang ibadah mampu menampung belasan jemaah.




   Baiklah dulur dulur berikut ini saya sajikan foto foto galery Masjid Kapal Bosok Serang Banten :






   Baiklah dulur dulur itu saja review singkat tentang bangunan unik berbentuk kapal Masjid Kapal Bosok, Serang Banten.

  Semoga Berguna.

 Hatur nuhun.

1 comment: