Saturday 9 December 2017

Mainan baru, "si Kukut" Honda Legenda



Hay bro! 

  Seiring berjalannya waktu dan perubahan zaman, kadang kita ingin mengulang memory masa lalu. Jangan melebar ya pembahasannya hehe kita disini ngobrolin masa lalu tema otomotif aja.. Oke! 

   Apa yang pada masa lalu hal biasa biasa saja, bisa jadi satu hal yang menarik di masa yang akan datang. Contohnya vespa  & honda CB100 yang pada masa saya tahun 90an dianggap motor bapak bapak jadul dan malu kalo dipake motoran bahkan bisa jadi di bully teman bawa vespa atau CB100.  Uniknya sekarang vespa & CB100 malah digandrungi anak muda jadi tren masa kini. 

  Tergabung di grup Facebook Fans Honda Grand  banyak sekali yang upload foto foto honda Grand atau Honda legenda yang direstorasi ulang tampil kinclong layaknya motor baru yang baru saja turun dari dealer. Wah wah saya jadi kepikiran pengen punya "mainan" serupa. 

  Buat saya pribadi Honda Grand dan Honda legenda adalah motor legendaris yang desainnya tak lekang ditelan zaman untuk motor bebek di masa & dikelas nya. Bahkan di Malaysia Honda Grand dilahirkan kembali dengan desain yang hampir mirip dengan nama Honda EX5 Dream FI

Sumber :
              Honda EX5 Dream Fi Malaysia

  Bisa kita perhatikan motor motor lain yang sama seangkatan dengan honda grand yaituvdari pabrikan yamaha,  suzuki, kawasaki seperti yamaha Cripton, F1ZR, atau suzuki Tornado, shogun generasi pertama, atau juga kawasaki Kaze & Blitz populasinya jarang terlihat dijalanan. 

  Last, akhirnya saya browsing mencari unit Honda Grand atau Honda Legenda melalui media sosial dan situs jual beli online yang lokasinya dekat dengan domisili saya. Mencari cari hampir satu bulan lamanya ketemu juga jodoh Honda Legenda rakitan tahun 2002 melalui grup jual beli Facebook. 

  Layaknya motor motor tua minus dan PR alias pekerjaan rumah ada dimana mana  seperti mika sein dan stoplamp yang buram dan kusam



Saklar saklar indikator yang mati



Body body motor yang pecah tak lengkap & tidak terawat




Leher knalpot karat dan bercampur tanah lempung yang mengeras dan tidak adanya kop busi


Oli yang bocor yang menurut penuturan penjual berasal dari seal magnet


Karburator yang rembes dan bocor


Kabel kabel yang rusak tampilannya tapi masih berfungsi


Cover rantai yang hilang


Mika speedometer yang pecah pecah & retak retak


Standar tengah karat dan rusak parah


Dan juga cover kulit jok yang sobek sobek

 
  Rencana Honda Legenda ini mau direstorasi standar dengan modifikasi ceper memakai velg ring 14 metik, semoga lancar alon alon asal kelakon.



  Oke sekian bro semoga menginspirasi.


  Hatur nuhun. 

No comments:

Post a Comment