Saturday 16 December 2017

Pelajaran Berharga Beli Motor Bekas "si Kukut" Honda legenda


Hay Bro, 

  Pelajaran berharga dari pembelian motor bekas bro yaitu proses beli "si Kukut" honda legenda. Motor lansiran tahun 2002 silam ini boleh dibilang berumur, ya usia nya sudah 15 tahun. 

 
  Resiko membeli sepeda motor bekas memang akan ditemui banyak kekurangan tapi tetaplah Penting untuk teliti sebelum membeli.  "Si Kukut"  honda legenda saya tebus dengan dana mahar 1.8 jt Rupiah dengan kondisi surat lengkap tapi pajak mati 9 tahun. Banyak teman bilang kalau harga segitu kemahalan.  Tapi bagi saya cukup murah karna harganya dibawah harga sepeda atau smartphone.

  Namun siapa sangka saya akhirnya setuju bahwa "si Kukut" memang kemahalan. Bagaimana tidak,  karna tidak teliti sebelum membeli  tidak mengecek detail area sasis body rangkanya. Wah wah ketahuan setelah dibawa kerumah setelah deal transaksi. Kondisi sasis rangkanya karat sangat memprihatinkan bisa bro cek dari foto foto dibawah ini





 Rencana reatorasi dari tadinya hanya mengganti body body sekarang perbaikan sasis rangka jadi masuk rencana.

 Layar terlanjur terkembang pantang untuk mundur. Akhirnya saya bertekad untuk memperbaiki Si Kukut sampai pulih kembali area rangkanya.
 
  Area body saya preteli sedikit demi sedikit sepulang kerja. Gampang karna body Honda legenda memang tidak terlalu rumit


  Untuk menurunkan mesin dari rangka wah saya nyerah deh. Saya percayakan kepada mekanik langganan untuk membongkar nya dirumah.


 Setelah mesin lengser dari rangka barulah "Si Kukut" dibawa ke bengkel las karbit terdekat untuk diangkat sel kangker nya. Hehe..karat maksudnya.






  Ketika artikel ini ditulis "si Kukut" honda legenda masih menginap diruang perawatan bengkel las dan lusa sudah bisa dibawa pulang kata sang empunya bengkel las. Semoga "si Kukut" lekas sembuh.

  Oke bro, jadi intinya untuk membeli motor bekas haruslah sangat teliti sebelum membeli. Khusus dalam hal ini pada varian honda Grand atau Honda legenda untuk mengecek area sasis rangka karena memang bersentuhan langsung dengan kotoran yang berasal dari ban belakang berdampak pada resiko korosi atau karat pada area sasis rangka .

  Semoga berguna

  Hatur nuhun.


 

No comments:

Post a Comment