Sunday 8 April 2018

Restorasi Honda Astrea Legenda 2002


Hay bro!

  Alhamdulillah puji syukur, kelar juga project restorasi Honda Astrea Legenda rakitan tahun 2002 saya. Proses restorasi yang berjalan satu bulan yang pelan tapi pasti. Kalau pun fokus mungkin bisa lebih cepat lagi.

  Banyak pengalaman yang di dapat dari project restorasi yang awal niatnya cuma buat kerja sehari hari lalu mengalir begitu saja hingga rapih sampai sayang kalo kejemur di parkiran.

  Awalnya enggak nyangka Honda Astrea Legenda ini yang awal pembelian terlihat kokoh ternyata pas diteliti di rumah sangat memprihatinkan  dengan kondisi  part part yang sudah rusak. Dibawah ini "penyakit"  yang di idap ,  diantaranya saklar saklar yang tak ber fungsi, rangka yang kropos, body motor yang tak utuh, mesin yang bocor oli, Spidometer yang tidak berfungsi
, kabel kabel body yang sambungan, mika lampu pecah dan kusam dan banyak lagi pekerjaan rumah yang harus diperbaiki.















  Melihat kondisinya yang demikian maka rencana restorasi di awali dengan mempreteli bagian body dan mesin untuk memperbaiki rangka. Dikerjakan dibengkel las karbit dekat rumah tepatnya di sebrang pertigaan Perum Bukit Gading Balaraja Tangerang yang memang sudah biasa dan sering mengerjakan perbaikan rangka Honda Astrea






  Proses perbaikan yang dilakukan yaitu mengangkat bagian rangka yang sudah karat dan kropos dan menambalnya dengan plat besi baru lalu kemudian dicat.


 Lalu bertahap belanja sparepart yang harus perlu diganti


 Perakitan kabel body dan pemasangan mesin saya lakukan sendiri di rumah



  Bagian menghidupkan kembali mesin saya serahkan kebengkel langganan yang tak jauh dari rumah 

  
   Setelah hidup baru ketahap finishing dengan memperbaiki busa dan mengganti kulit jok dan lalu kemudian pemasangan striping Honda Legenda. 





  Dan dibawah ini galeri foto foto Honda Astrea Legenda 2002 hasil restorasi :













  Beberapa catatan dari pengalaman ini saya coba rangkum diantaranya :

1. Sebelum membeli unit Honda Astea mohon cek dengan seksama area rangka terutama area dibawah jok atau area ban belakang karena bisa jadi di area itu titik kropos karat rangkanya. 

2.Pastikan mesin tidak bocor oli mesinnya karena cukup menyulitkan perbaikannya. 

 Ok bro itu saja yang bisa saya sajikan untuk artikel kali ini. Untuk artikel terkait bisa di klik ditautan berikut :






Semoga Berguna. 

Hatur nuhun.  






3 comments:

  1. Tu velg 14 y om?
    Kira2 abis modal brp om?

    ReplyDelete
  2. Iya om. Kalo ban satu set dibawah 1jt bajetnya

    ReplyDelete
  3. Saya juga punya legenda 2002 om, kondisi kurang lebih sama seperti yang om punya, nggak tau kalo kondisi rangkanya. Sekarang terbengkalai saja di rumah, kalo mau restorasi seperti itu kira-kira berapa ya budget yang perlu disiapkan?

    ReplyDelete