Tuesday 24 October 2017

Trik Substitusi Kop Busi CB 150 R Pakai Cop Busi Satria FU.


Hay bro

  Berawal dari keluhan seorang teman di facebook yaitu bro Titha Anf soal trouble di Honda CB 150 R nya gejalanya ketika dikendarai motor serasa "merebet" seperti hendak kehabisan bensin. Motor hidup jika digas dengan kencang tapi mati ketika gas mengecil.

  Bro Titha pun menduga komponen injector bermasalah lalu di bongkarlah tangki bahan bakar, ternyata semua komponent injektor dan fuell pump dalam keadaan baik.

  Lanjut diagnosa ke spul pengapian dicek soket soket semua tidak ada yang hangus bahkan sampai membongkar blok mesin untuk mengecek kumparan spul khawatir spul terbakar dan pengapian bermasalah pun ternyata semua part komponent pengapian dalam keadaan baik.

  Dan akhirnya perhatian  pun dialihkan ke area busi.  Dan benar saja ternyata busi bermasalah pada kop nya.

  Kondisi kop busi Honda CB 150 R bro Titha sobek dibagian kepala kop businya menyebabkan arus listrik dari spul ke busi menyebar dan proses pengapian busi menjadi tidak ssmpurna ini yang menyebabkan motor mogok apabila gas mengecil karna putaran mesin yang rendah menghasilkan arus bunga api busi menjadi kecil akibat dari menyebarnya arus pengapian dari spul.

  Karna urgent dan juga kondisi spare part kop busi CB 150 R yang indent lama di bengkel resmi ditambah harganya yg cukup menguras kantong (estimasi harga cop busi CB 150R kisaran 350ribu) maka bro Titha memakai part substitusi cop busi satria FU. Harganya pun murah sepertiga dari harga kop busi CB 150 R yakni 90ribu Rupiah saja dan banyak dibengkel bengkel terdekat.


  Untuk pemasangannya cukup sediakan pisau Cutter dan lem rubber silikon  high temp Dexton.

 
  Perbedaan kop busi satria FU dan kop busi CB 150 R  adalah ada pada panjangnya. Karna kop busi satria FU tidak bisa di pasang langsung karna lebih panjang dari cop busi CB 150 R maka Bro Titha memakai cara dengan memotong kepala kop busi satria FU dan memotong juga kepala kop busi  CB 150 R yang telah rusak sobek sebelumnya. Jadi kop busi CB 150 R hanya diambil batangnya saja.


   Setelah dipotong lalu rekatkan kepala kop busi satria FU ke batang kop busi CB 150 R dengan memakai lem dexton silikon high temp.

 

  Setelah lem mengering lalu pasangkan kop busi dan kabel businya ke lubang busi CB 150 R.
  
 Mesin pun nyala kembali normal sepeti sedia kala. 

 Oke bro jadi alternatif substitusi cop busi CB 150 R bisa memakai cop busi satria FU dengan cara trik diatas. 

Semoga berguna

Hatur nuhun

No comments:

Post a Comment